oleh

Vaksin Korona Siap Dibagikan Awal November 2020

CHINA – LIPUTAN68.com – Vaksin virus corona yang dikembangkan perusahaan China ditargetkan dapat dibagikan ke publik di negara tersebut pada awal November 2020. Keterangan tersebut disampaikan oleh pejabat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC).

Saat ini, ada empat vaksin virus corona dari China yang masuk tahap akhir uji klinis. Tiga dari empat vaksin sudah ditawarkan penggunaannya kepada pekerja penting di bawah program darurat yang diluncurkan China pada Juli lalu.

Namun, tidak disebutkan vaksin dari perusahaan mana yang bisa digunakan akhir tahun mendatang. Sejauh ini perusahaan Sinopharm dan Sinovac mengembangkan tiga vaksin corona. Sementara satu vaksin lagi dikembangkan oleh CanSino.

Liputan JUGA  Fakta-fakta Mencengangkan Operasi Plastik di Korea Selatan

“Uji klinis fase III berjalan lancar dan vaksin siap untuk masyarakat umum pada November dan Desember,” ucap kepala ahli biosafety CDC Guizhen Wu seperti dikutip dari Reuters.

Meski memastikan tersedia, Wu tidak mengungkap vaksin dari perusahaan mana yang bisa digunakan akhir tahun mendatang.

Vaksin CanSino bahkan sudah digunakan oleh militer China pada Juni 2020 lalu. Saat ini, pengembang vaksin berbagai negara tengah berlomba untuk segera menyelesaikan proyek tersebut.

Baru vaksin Rusia Sputnik V yang diberi izin edar oleh pemerintahnya. Namun, Sputnik V dipertanyakan keamanannya oleh banyak pihak.(JB01)

Sebab saat diumumkan akan diedarkan secara luas, Sputnik V belum melewati uji klinis tahap III.(JB01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.