Siapkan Layanan ICT, Wujud Pemerataan Konektivitas Digital Indonesia

JAKARTA — LIPUTAN68.COM — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) lewat anak usahanya, Telkomsat yang mengelola layanan bisnis telekomunikasi berbasis satelit secara konsisten berupaya mewujudkan pemerataan konektivitas digital hingga ke pelosok Indonesia.

Salah satu caranya dengan menghadirkan sinyal internet cepat di daerah yang tidak terjangkau koneksi digital melalui jaringan kabel, serat optik, maupun nirkabel terkhusus di kawasan bagian timur Indonesia.

Telkomsat menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi dengan akses download hingga 180 Mbps dan upload sampai 20 Mbps ini, diperuntukkan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), badan usaha, layanan kesehatan, dan pemerintahan terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia Timur.

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, menyampaikan saat ini terdapat sekitar 100 Internet Service Provider (ISP) lokal yang telah berlangganan MangoStar dan 50 persen di antaranya berada di kawasan timur Indonesia.

“Telkomsat menargetkan setidaknya ada 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP-ISP lokal di kawasan timur Indonesia. Dari 1 titik tersebut para UMKM dan ISP lokal dapat melayani puluhan hingga ratusan pelanggan,” ujarnya melalui pernyataan resmi yang diterima Liputan68.com, Jumat 3 November 2023.

MangoStar merupakan salah satu produk unggulan Telkomsat yang memberikan pengalaman baru kepada para pelanggan dengan performa konektivitas paling canggih di kelasnya (enterprise-class connectivity), dan menawarkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, khususnya para pelaku UMKM dan penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider/ISP). Terbukti, sejak satu tahun terakhir mengalami pertumbuhan pelanggan sangat pesat, mencapai 10 kali lipat dalam rentang 2022-2023.

Liputan JUGA  Memasuki New Normal Maklumat Kapolri Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penangan Penyebaran Covid-19 Resmi Dicabut

Terobosan lain yang telah dilakukan adalah layanan MangoStar Maritim yang diluncurkan pada awal September 2023, dan diperuntukan bagi pelanggan di sektor maritim dengan fasilitas Network Monitoring System (NMS) 7×24 jam dan kecepatan akses download hingga mencapai 180 Mbps dan upload 20 Mbps.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *