Sekretaris IDI Pacitan: Sulit Mengurai Induk Sebaran Coronavirus

Pacitan- Episenter sebaran covid-19 di Pacitan, semakin sulit diketahui induk semangnya. Pasalnya, virus yang diklaim berasal dari daratan China tersebut, sudah menginfeksi ratusan warga. “Sehingga dari mana induknya, kita kesulitan untuk memprediksi,” ujar penanggungjawab wisma atlet sebagai lokasi karantina bagi pasien covid-19 confirm, dr Johan Tri Putranto, Jumat (25/12).

Menurut dokter yang juga dipercaya sebagai Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pacitan ini, kemungkinan terbesar merebaknya kasus covid-19 confirm, itu berasal dari transmisi keluarga yang lebih dulu terinfeksi. Selain juga, klaster pelaku perjalanan. “Menurut kami, dugaan kuat itu berasal dari episenter keluarga, yang sudah terpapar virus SARS-CoV-2 sebelumnya,” jelas Kepala UPT Puskesmas Gondosari Kecamatan Punung Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan ini.

Liputan JUGA  Rujukan Di Rumah Sakit Rumit? Ini Penjelasan Direktur RSUD dr Darsono Pacitan Iman Darmawan

Namun begitu, Johan berpesan agar masyarakat tetap tenang dan selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Utamanya 3M, yaitu memakai masker dan menjaga jarak fisik ketika berinteraksi sosial.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *