oleh

Jumlah Penduduk Miskin Dairi Terendah di Sekawasan Danau Toba

SIDIKALANG – LIPUTAN68.COM – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi Asi Matanari mengatakan persentase jumlah penduduk miskin Kabupaten Dairi merupakan terendah sekawasan danau toba. Menurut data yang disampaikan Asi Matanari persentase penduduk miskin Dairi sebesar 8,04 persen dari 308.764 jiwa.

“Menurut data kami (BPS) persentase penduduk miskin di Dairi masih terendah untuk kawasan danau toba. Dari 8 kabupaten kota, kita menempati urutan pertama persentase penduduk miskin,” kata Asi Matanari, Selasa (29/3/2022).

Menurut Asi Matanari, pemaparan soal penduduk miskin ini sudah disampaikan pada saat Musrenbang Kabupaten Dairi tahun 2023 ini Balai Budaya Sidikalang.

Pada paparannya, persentase tersebut dikeluarkan BPS pada tahun 2021. Menurutnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi persentase penduduk miskin ini diantaranya soal pemenuhan kebutuhan dasar makanan.

Liputan JUGA  Mantan Hakim Agung Artidjo Alkotsar Masuk Dalam Dursa Dewan Pengawas KPK RI

Dijelaskannya, pemenuhan kebutuhan minimum untuk kebutuhan makanan yang disetarakan dengan 2100 kilokalori per kapita per hari. Jadi mestinya kalau ada penduduk tidak mencupai 2010 kilokalori berarti tergolong tidak mampu.

Bagaimana cara menurunkannya, warga harus punya kemampuan membeli bahan bahan konsumsinya agar bisa bisa mencapai 2100 kilokalori. Berarti masih ada sebagian kecil, penduduk di Dairi tidak bisa memenuhi kebutuhan itu.

  Banner Iklan Sariksa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.