Polresta Barelang Meraih Nilai Kualitas Tertinggi dari Ombudsman RI dengan Kategori A

POLRESTA BARELANG – LIPUTAN68.COM – Polresta Barelang Raih Nilai Tertinggi Pelayanan Publik di Jajaran Polda Kepri yang berdasarkan Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2022 oleh Ombudsman RI. Kamis (22/12/2022)

Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri Dr Lagat Parroha Patar Siadari SE MH mengatakan Ombudsman RI melakukan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik adalah penilaian untuk mengukur tingkat kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik pada Kementerian/Lembaga/Daerah terhadap Undang- Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009.

Penilaian ini juga salah satu upaya pencegahan maladministrasi dengan menilai kondisi penyelenggaraan pelayanan publik secara komprehensif.

Berbeda dengan penilaian sebelumnya yang hanya melihat komponen standar pelayanan publik, pada tahun 2022, sebagai bentuk inovasi pengawasan pelayanan publik, Ombudsman melakukan penyempurnaan. Penilaian diperluas pada pengukuran kompetensi penyelenggara, pemenuhan sarana dan prasarana, standar pelayanan serta pengelolaan pengaduan.

Liputan JUGA  Vaksin Datang, Prokes Wajib Dilaksanakan

Pada tingkat Kepolisian Negara Republik Indonesia penilaian dilakukan di Polres se Provinsi Kepri dimana dua Polres yaitu Kota Batam (Barelang) dan Kabupaten Karimun masuk pada kategori A dan mendapatkan kualitas opini Tetinggi dengan perolehan nilai 90,31 di Polresta Barelang dan 88,71 di Polres Kabupaten Karimun.

Penyerahan hasil Penilaian Ombudsman 10 terbaik tingkat Kabupaten, Provinsi, Lembaga dan Kementrian melalui Video Conference atau Daring.

Lima Polres lainnya hanya masuk pada kategori B dan mendapatkan kualitas opini Tinggi dengan memperoleh nilai masing-masing ialah Polres Kabupaten Lingga 87,43; Polres Kabupaten Kepulauan Anambas 82,74; Polres Kabupaten Bintan 80,66; Polres Kota Tanjungpinang 79,34; dan Polres Kabupaten Natuna 78,9.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *