Ini Yang Harus Dipahami, Kepala BPBD Masih Tetap Dibawah Kendali Sekkab. Begini Penjelasannya

Pacitan, Liputan 68.com-Meski sudah dilantik dalam jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP), namun istilah penyebutan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), masih tetap sebagai pelaksana. Sedangkan jabatan ex officio masih dipegang oleh Sekretaris Daerah.

Secara eselenoring, Kalak BPBD Pacitan yang saat ini dikendalikan oleh Erwin Andriatmoko, sejajar dengan kepala dinas atau kepala badan, yaitu eselon IIB. Namun begitu, kepala BPBD sejatinya masih dibawah kendali sekretaris daerah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM setempat, Rudi Haryanto membenarkan kalau nomenklatur jabatan di BPBD masih tetap kepala pelaksana. Namun soal eselenoring memang ada kenaikan. Yang semula eselon IIIA, saat ini menjadi eselon IIB sama seperti kepala badan ataupun kepala dinas. “Ya sebutannya masih tetap kepala pelaksana,” kata Rudi, Baru-baru ini.

Hal senada juga disampaikan Sekkab Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro. Ia menegaskan, kalau Kepala BPBD masih dibawah kendalinya. “BPBD itu dikendalikan oleh kepala pelaksana. Sedangkan ex officio adalah Sekkab,” kata Heru yang saat itu hendak menghadiri audiensi dengan bupati perihal dampak pencemaran limbah tambang.

Liputan JUGA  Bupati Pakpak Bharat Lantik Dan Kukuhkan Enam Jabatan Pimpinan Tinggi

Sementara itu sebagaimana diketahui merujuk Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 3 Tahun 2008 tentang Pedoman Pembentukan BPBD, pembentukan BPBD juga berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 46 Tahun 2008 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja BPBD.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *