Mengamati Semangat Nasionalisme PNI Jadikan Berkaca Untuk Parpol Di Era Sekarang

Jakarta – LIPUTAN68.com – Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr Emrus Sihombing menilai semangat nasionalisme para tokoh Partai Nasional Indonesia (PNI) patut menjadi teladan bagi partai-partai politik di era modern sekarang.

“Belajar dari sejarah, kita bisa belajar bagaimana PNI saat itu dengan semangat nasionalisme mengobarkan perjuangan melawan penjajah,” katanya, saat dihubungi dari Jakarta, Minggu malam.

Dr.Embrus Sihombing (Pakar Komunikolog Indonesia dan Direktur Eksekutif Lembaga Embrus Corner) dok/jarrakid

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Emrus Corner itu merefleksikan 4 Juni yang menjadi hari kelahiran PNI pada 1927.

Emrus menilai semangat nasionalisme secara organisasi sebenarnya sudah terpupukĀ baik di parpol-parpol yang ada di Indonesia sekarang, tetapi masih banyak individu yang berperilaku menyimpang dari nasionalisme.

Liputan JUGA  Selain Membersihkan Parit Tumpat, Dinas Lingkungan Hidup Layani Penyedotan Lumpur Tinja

“Walaupun bisa dikatakan oknum. Contohnya korupsi. Korupsi itu mengambil hak orang lain, hak rakyat. Maka, bisa dikatakan (koruptor) itu nilai nasionalismenya ‘zero’ alias nol,” katanya.

Nasionalisme, kata dia, menumbuhkan pula semangat persatuan tanpa membedakan latar belakang dan golongan dengan satu tujuan yang sama sebagai bangsa.

Makanya, Emrus mengatakan semangat nasionalisme saat masa perjuangan lebih mudah dikobarkan karena sedang menghadapi penjajah yang membuat seluruh elemen bangsa bersatu tanpa membedakan latar belakang.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *