oleh

Haris Azhar Setelah Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik, Luhut: Saya Bisa Dipenjara, tapi Kebenaran Tidak

JAKARTA, Liputan68.com –Haris Azhar adalah seorang aktivis yang angkat bicara atas keputusan polisi yang menetapkan bahwa dirinya sebagai tersangka dugaan kasus pencemaran nama baik Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Haris menyebutkan , memang fisiknya bisa dipenjara, tetapi yang dibicarakannya kebenaran terkait faktor Ekonomi dan Politik di balik Penempatan Militer di Intan Jaya Papua adalah kebenaran.

Selain aktivitas Haris Azhar, Fatia Maulidiyanti Koordinator Kontras juga ditetapkan sebagai tersangka dengan perkara yang sama.

“Badan saya, fisik saya, dan juga saya yakin saudara Fatia, kita bisa dipenjara. Namun, kebenaran yang kita bicarakan dalam video di youtube itu tidak bisa dipenjara,” kata Haris seperti dilansir dalam konferensi pers, Sabtu (19/3/2022).

Liputan JUGA  Seluruh Perusahaan Pengelola Sawit Akan Diaudit Pemerintah

“Penderitaan orang Papua tidak bisa diberangus dan ditempatkan dalam penjara. Penderitaan orang Papua, terutama di Intan Jaya, dia akan terus menjerit untuk mencari pertolongan,” katanya.

Haris Azhar juga menganggap, merupakan sebuah kehormatan penetapan dirinya sebagai tersangka.

Bahkan, Haris berpandangan, penetapan dirinya sebagai tersangka adalah fasilitas yang diberikan negara kepadanya karena sudah mengungkapkan sebuah fakta.

“Saya anggap itu sebagai sebuah hormatan buat saya, atau saya anggap sebagai fasilitas negara yang diberikan kepada saya ketika kita membicarakan atau membantu mengungkap sebuah fakta,” tegasnya.

Menurut Haris, fakta yang saya maksud adalah fakta terkait adanya conflict of interest atau benturan kepentingan di Intan Jaya Papua. Pihak yang kerap terlibat dalam konflik semacam itu menurutnya adalah orang yang memiliki dua jabatan, yakni sebagai pejabat public sekaligus pebisnis.

Liputan JUGA  Soal Deklarasi Papua Barat, Pemerintah Diminta Untuk Abaikan dan Tetap Tegakkan Hukum

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan terkait informasi Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus pencemaran nama baik Luhut dibenarkan

“Iya keduanya (Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti) sudah jadi tersangka,” kata Kabid Humas Zulpan saat dikonfirmasi, pada hari Sabtu (19/3/2022).

  Banner Iklan Sariksa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.