oleh

Dekranasda Dairi Kenalkan Tenun Ulos Ramah Lingkungan dan Kualitas Bagus di INACRAFT 2022 di Jakarta

JAKARTA – LIPUTAN68.COM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi tampil pada acara gelaran The 22nd Jakarta International Handicraft Fair (INACRAFT) 2022 sejak Rabu (23/3/2022).

Pada gelaran ini, Dekranasda Dairi ikut mempromosikan sejumlah produk unggulan UKM Dairi salah satunya adalah tenun ulos.

Acara INACRAFT 2022 ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) itu dari tanggal 23 -27 Maret 2022 mendatang.

INACRAFT 2022 dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan sangat senang bisa hadir di dalam event penting ini setelah 2 tahun vakum. Menurutnya, kegiatan seperti ini sempat tertunda karena Covid-19. Meski demikian kata Bupati, Pemerintah Dairi sudah mempersiapkan diri menunggu hadirnya Inacraft ini.

Liputan JUGA  Wow! Awal 2022 Pendapatan Konsolidasi Telkom Rp35,2 Triliun

“Selama ini kita fokus dengan tenun ulos. Dan inilah waktunya Pemkab Dairi membawa pengrajin dan pruduknya untuk diperkenalkan secara nasional dan bahkan kepada tamu-tamu internasional. Peluang pasarnya semakin berkembang,” kata Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Kamis (24/3/2022) di Jakarta.

Bupati mengatakan, pada awalnya bahan-bahan ulos untuk kebutuhan adat yaitu untuk ritual, tetapi kita lalukan diversifikasi sesuai dengan tema dunia ramah lingkungan. Tentunya Pemerintah Dairi memastikan, bahwa eco fashion ini ramah lingkungan. Paling tidak mulai dari bahan baku pewarna dari berbagai tumbuh-tumbuhan endemik.

Di samping itu banyak keinginan atau tema-tema yang ingin kembali ke alam jadi konsen terhadap lingkungan. Jadi menurutnya, tema-tema alam ini baik dan cocok dengan produk-produk Dekranasda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.