oleh

Untuk Memudahkan Penyelesaian Perkara, Bupati Eddy Berutu Resmikan Rumah Restorative Justice

SIDIKALANG – LIPUTAN68.COM – Kabupaten Dairi kini memiliki rumah Restorative Justice (RJ). Rumah RJ itu berada di kantor Kepala desa Bintang Mersada, Kecamatan Sidikalang.

Ditandai dengan pemukulan gong, Rumah RJ tersebut secara resmi diluncurkan oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Chandra Purnama, SH, MH, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Keberadaan rumah ini guna memudahkan penyelesaian perkara di luar jalur hukum atau peradilan. Ini adalah Rumah Restorative Justice Pertama di Kabupaten Dairi,” kata Eddy Berutu, Selasa (29/03/2022).

Hadirnya Rumah atau Kampung RJ menurut Eddy merupakan terobosan dari korps Adhyaksa. Eddy Berutu menyebut Ini adalah games changer dimana solusi dalam mencari keadilan sudah berubah di mana terobosan nasional ini akan bergerak membumikan hukum dalam penyelesaian persoalan hukum di tengah masyarakat.

Liputan JUGA  Kunjungan Kerja Kapolri dan Panglima TNI di RSKI Galang

“Saya sudah lakukan sekali, yang disetujui oleh pak kapolda. Saya sudah menikmati proses itu. Dan itu saya bayangkan terjadi di kampung ini. Saya yakin situasi ini akan membawa pada ketentraman meskipun seperti yang disampaikan pak Kajari pasti ada perselisihan, namun proses hukum lewat rumah ini akan dijamin oleh negara. Dengan mengindahkan norma agama, kesulilaan, kesopanan, serta wajib menggali nilai-nilai kemanusiaan,” katanya.

Eddy Berutu juga mengapresiasi kinerja Kejaksaan Agung, beserta jajarannya yang mempunyai ide dan gagasan cemerlang ini termasuk kepada kajari yang memilih kampung Bintang Mersada sebagai kampung pertama yang mendapat kehormatan sebagai Rumah Restorative.

“Saya harap pak Kades pun turut mensosialisasikan keberadaan rumah RJ ini berkoordinasi dengan pihak terkait. Saya atas nama pemerintah berharap tempat ini akan jadi tempat mencari keadilan bagi kemaslahatan masyarakat. Semoga Tuhan senantiasa memberi limpahan berkatnya pada kita,” kata bupati mengakhiri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.