oleh

Main di Pasar Data Center, Strategi Telkom Perkaya Ekonomi Digital Indonesia

JAKARTA — LIPUTAN68.COM — Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Sebanyak 70,7% atau sekitar 191 juta jiwa penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Sebagian besar kelompok ini merupakan Generasi Z dan Generasi Milenial. Artinya, Indonesia didominasi oleh penduduk yang kesehariannya dekat dengan internet.

Pada 2020 misalnya, pengguna ponsel di Indonesia mencapai 345,3 juta dengan penetrasi internet sebesar 73%. Para digital user ini berselancar di berbagai sektor platform yang ada, sebut saja e-Commerce, edutech, healthtech, dan sebagainya. Mengingat jumlah pengguna aktif ini tak pelak jika peluang ekonomi digital Indonesia sangat terbuka lebar.

Sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia yang telah bertransformasi menjadi digital telco company, sudah selaiknya Telkom ambil bagian dalam menjawab tantangan tersebut. Strategi yang dimanfaatkan Telkom dalam hal ini adalah dengan bermain di pasar data center.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, menuturkan bahwa permintaan pasar data center di Indonesia tumbuh sangat pesat dengan proyeksi mencapai 1.576 Mega Watts (MW) hingga 2030 mendatang. Telkom akan melayani lini bisnis ini melalui anak usaha baru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.