oleh

Tidak Mau Dipindahkan ke IKN, PNS Terancam Dipecat dan Diberhentikan langsung Oleh Presiden!

Liputan68.com | Di informasikan bahwa tentang Peraturan Presiden atau Perpres yang ditandatangani Presiden  Jokowi tentang otorita Ibu Kota Nusantara (Ibu kota baru) yang mengancam PNS yang tidak mau pindah apabila ditugaskan bertugas di IKN, ancamannya adalah dipecat atau diberhentikan.

Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2022 yang telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi tentang Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 18 April 2022.

Didapati, dalam lembaran Perpres yang diunggah di situs Sekretariat Negara, terdapat sejumlah aturan di dalamnya.

Salah satunya adalah terkait perangkat (pegawai) Otortia IKN yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang terdiri dari PNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Liputan JUGA  Komisi III DPR-RI Lakukan Kunjungan Kerja Ke Polda Kepri

Pada pasal 5 ayat 2 tertulis, PNS dapat beralih status menjadi pegawai otorita IKN atau penugasan dari instansi yang bersangkutan.

Sehingga bagi PNS yang beralih status tersebut, maka yang bersangkutan akan dinyatakan berhenti atau berakhir masa baktinya.

Pemberhentiannya pun, dalam pasal tersebut, diberhentikan dengan hormat dan diberi hak-hak kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian pada pasal 5 ayat 4 tertulis bagi PNS yang memperoleh penugasan dapat kembali ke instansinya masing-masing jika belum memasuki masa pensiun.

“Dalam hal PNS dengan status penugasan sebagaimana dimaksud pada ayat 3 berhenti atau telah berakhir maksa baktinya, PNS yang bersangkutan kembali kepada instansi induknya apabila belum mencapai masa pensiun,” bunyi pasal 5 ayat 4.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.