oleh

Ternyata 1 dari 3 Orang Indonesia ‘Mager’ alias Kaum Rebahan

Medan – Liputan68.com – Setidaknya 1 dari 3 orang Indonesia ternyata mager alias malas gerak dan lebih suka jadi kaum rebahan dibanding harus bergerak atau olahraga.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan pada 2018 lalu jumlah orang mageran di Indonesia mencapai 33,5% padahal pada 2013 lalu hanya 26,1% saja.

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Ditjen Kesmas), Kementerian Kesehatan Imran Agus Nurali menyebut tingginya angka orang yang mager ini berpotensi pada meningkatnya masalah kesehatan, mulai dari penyakit non kronis hingga kronis.

“Artinya kan 1 dari 3 orang Indonesia itu menjalani gaya hidup sedentari dan hal ini berpotensi meningkat selama pandemi yang dapat berisiko terhadap penyakit tidak menular (PTM) termasuk kerusakan saraf,” kata Imran dalam acara Neurobion – Press Conference Neuropathy Awareness Week 2022 yang digelar secara daring, Senin (20/06/2022).

Liputan JUGA  UPDATE PENANGGULANGAN COVID-19 BALI, SABTU 26 SEPTEMBER 2020

Walau begitu, Imran belum bisa memaparkan data terbaru masyarakat yang malas bergerak setelah Covid-19 melanda selama 2 tahun lalu. Hanya saja kata dia, dengan meningkatnya jumlah orang yang mager di 2018 tentu saja berimbas pada jumlah penyakit tidak menular yang tentu secara signifikan menambah beban masyarakat dan pemerintah.

  Banner Iklan Sariksa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.