Kembali jadi Arena Kejuaraan Dunia, Baskami: Promosi Danau Toba Masih Kurang Gencar

MEDAN — LIPUTAN68.COM — Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, memberikan sejumlah catatan terkait terpilihnya Danau Toba menjadi tuan rumah Aquabike World Championship, 22 hingga 26 November mendatang.

Politisi PDI Perjuangan menyebut, citra Danau Toba sebagai destinasi super prioritas, harus dibarengi dengan pembenahan yang serius dari berbagai pihak.

Menurutnya kejuaraan tersebut menjadi tontonan dunia, tidak hanya masyarakat domestik melainkan mancanegara.

“Misalnya dari sisi akses, akomodasi, kesiapan fasilitas, ketersediaan utilitas, jaringan telekomunikasi, air bersih, pelibatan UMKM, penanganan keamanan, lalulintas, sampah dan banyak lagi,” katanya, Jumat (10/11/2023).

Hal tersebut disampaikan Baskami kepada awak media usai rapat persiapan Aquabike World Championship bersama Pj Gubsu Hasanuddin, Pangdam I/BB, Kapoldasu dan pemangku kepentingan lainnya.

Liputan JUGA  Semangat Garuda Muda ! Saatnya Taklukan Malaysia, Rebut Medali

Hadir juga secara virtual, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Cosmas Harefa.

Baskami juga menyoroti persoalan promosi yang harusnya lebih giat lagi untuk mendapatkan atensi dari para wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

“Agar para wisatawan berbondong-bondong datang ke Sumut dan menimbulkan stimulus positif bagi pertumbuhan ekonomi kita,” jelasnya.

Pj Gubsu, Hasanuddin sebelumnya mengatakan, ajang kejuaraan internasional itu harus mengangkat citra dan martabat Sumut di dalam dan luar negeri.

“Kita mengharapkan multiplier effect dari even ini yang mampu nantinya meningkatkan perekonomian. Saya juga berpesan, oleh karena Sumut adalah tuan rumah, sudah selayaknya Sumut harus menjadi tuan rumah, bukan menjadi tamu di daerah sendiri,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *