Batam Sangat Vital dalam Pengembangan Industri Data Centre Kawasan ASEAN

BATAM — LIPUTAN68.COM — Direktur Utama PT Teknologi Data Infrastruktur (NeutraDC Batam), Indrama YM Purba, mengatakan salah satu poin utama dalam mengembangkan industri data center adalah memerhatikan pentingnya infrastruktur yang andal dan kebijakan investasi yang mendukung.

Ia menyoroti pentingnya Batam sebagai pusat pertumbuhan industri data center di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

“Batam menawarkan peluang unik dengan posisinya yang strategis karena berdekatan dengan pusat keuangan global seperti Singapura dan negara tetangga lainnya,” ujar dia pada diskusi bertajuk ‘Data Center Industry in Batam Market Outlook’ di acara Indonesia Global Connectivity Summit 2023, di Politeknik Negeri Batam, 7-9 November 2023.

“Selain itu, Batam, terutama di Kabil, memiliki kondisi geografis yang aman dari gempa, menjadikannya lokasi ideal untuk membangun fasilitas data center,” sambung dia.

Liputan JUGA  Sing Main-Main, Ketua Umum KADIN Bali Dorong Pengusaha Bali Bangun Peluang Go Public

Indrama turut berbagi pandangan tentang Batam yang memiliki potensi besar untuk menjadi pusat teknologi terkemuka di wilayah ini.

NeutraDC juga membahas rencana ekspansinya di Batam dengan membangun hyperscale data center di Kabil Integrated Industrial Estate (KIIE) Batam berkapasitas ultimate 51 MW IT load (fase awal 17 MW) dengan konsep green data center, untuk data center Batam dan Singapura.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *