JEPANG RESESI, AKANKAH ASIA TERDAMPAK?

BANDUNG – LIPUTAN 68.COM –
Jepang akan mengumumkan bahwa negaranya sedang mengalami resesi. Negara Matahari terbit itu telah memasuki masa resesi dan disinyalir akan tambah diperparah dengan pandemi virus Corona (Covid-19).

Dari Statistik mengisyaratkan, negara dengan ekonomi ke 3 terbesar di dunia ini telah memperlihatkan penurunan atau pelemahan selama dua triwulan terakhir , hal inilah merupakan faktor utama pertanda resesi.

Ekonomi Jepang berkontraksi minus 0,91% pada kuartal I-2020 meski Jepang sudah berjuang sebelum adanya virus corona. Terlebih ketika negara itu baru saja bergulat permasalahan akibat Topan Hagibis yaitu badai kuat yang melanda negara Jepang pada musim gugur yang lalu ditambah dengan akhir tahun lalu adanya penyerapan kenaikan pajak penjualan yang memperparah ekonomi Jepang.

Jepang yang minus 3,4% pada tiga bulan pertama tahun ini melanjutkan kontraksi ekonomi pada kuartal terakhir tahun lalu yang mencapai 6,4%. Ini mendorong Jepang resmi mengalami resesi secara teknis.

Liputan JUGA  Pohon Tumbang Menutup Jalan Lagan-Pagindar BPBD Kab. Pakpak Bharat Turun Tangan

Pendapatan sektor industri menurun 8,4%, naiknya angka pengangguran sampai 2,9%dan menurunnya nilai expor dikirasan 28,31%.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *