Solusi Komunikasi Polemik Rekrutmen Direksi dan Komisaris di BUMN

Minggu, 26 Juli 2020

SOLUSI KOMUNIKASI POLEMIK REKRUTMEN DIREKSI DAN KOMISARIS DI BUMN

Jakarta – LIPUTAN68.com – Polemik di ruang publik, sebagai mana dimuat di berbagai media tentang “dugaan” terjadinya “titipan” atau “siapa menggendong siapa” dalam proses rekrutmen komisaris dan direksi di BUMN-BUMN.

Sudah semakin “menghangat.” Karena itu, harus segera dilakukan perjumpaan menemukan solusi yang produktif bagi semua pihak, utamanya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Dari aspek komunikasi, menurut hemat saya, karena persoalan yang diurai sudah semakin kompleks (rumit) dan menyangkut ribuan komisaris dan direksi di BUMN, maka penyelesaian sudah tidak bisa lagi dilakukan lewat bermedia ruang publik.

Karena itu, sebaiknya para pihak untuk sementara waktu menahan diri agar tidak berwacana di ruang publik sembari merenung untuk lebih proaktif membuka kanal komunikasi antar pribadi di antara mereka.

Liputan JUGA  Silaturahmi Ke Kakanwil Kemenag Sumut, Ini Yang Disampaikan Ketua PIN Medan

Sebab, menurut saya dari “kacamata” komunikasi, semakin rumit persoalan yang dituntaskan, maka penyelesaian harus melalui komunikasi tatap muka.

Artinya, jika terus “dipelihara” komunikasi bermedia, maka terbuka peluang persoalan akan semakin kusut, melebar dan meluas ke mana-mana. Pada gilirannya berpotensi menimbulkan kegaduhan di ruang publik di tengah kita menghadapi Covid-19.

Penyelesaian polemik ini dari aspek konteks komunikasi harus melalui tatap muka secara langsung tanpa menggunakan media apapun.

  Banner Iklan Sariksa