oleh

Gagarin, Anak Jagal Sapi Yang Dikenal Dermawan

Pacitan, liputan 68.com- Tak salah jika selama ini, calon Wakil Bupati Pacitan, Gagarin, dikenal sangat dermawan dan tau keluh kesah masyarakat bawah.

Sejak kecil, ayahandanya, Karjuni, yang seorang jagal sapi, selalu mengajarkan untuk ikhlas dan rela membantu masyarakat yang lagi membutuhkan uluran tangan. “Sejak kecil, saya selalu diajarkan sama bapak, agar peka dan peduli dengan sesama. Apalagi masyarakat yang tengah kesusahan,” kata Gagarin, mengenang sejarah masa kecilnya.

Pernah suatu ketika, lanjut Gagarin, almarhum ayahandanya hanya memiliki uang Rp 1.000. Karena saat itu ada tetangga yang butuh bantuan keuangan untuk biaya berobat, uang tersebut diberikan.

Uang Rp 1.000 kala itu, sangatlah berarti. “Sangking tingginya kepekaan sosial dari bapak, sampai pada Tahun 1996, usaha jagal sapi yang dirintis berpuluh tahun, akhirnya bangkrut. Saat itulah, usaha itu saya teruskan dan berkembang sampai saat ini,” cerita Gagarin, seraya menerawang ke langit-langit ruangan rumah, mengigat kembali perjalanan hidupnya sebelum ia terjun ke dunia politik praktis sebagai anggota DPRD Pacitan.

Liputan JUGA  Inilah Nama-nama Politisi PDIP yang Jadi Komisaris BUMN, Ahok Juga Ada

Usaha warisan dari sang ayah tersebut, rupanya berkembang sangat pesat. Bahkan omset yang dihasilkan dari usaha jagal sapi tersebut, mencapai miliaran rupiah. “Sekian tahun saya lanjutkan usaha jagal sapi itu, dan terus berkembang. Sampailah pada Tahun 2004 lalu, kali pertama saya terjun ke dunia politik, hingga terpilih sebagai anggota DPRD,” bebernya.

Hampir selama empat periode, Gagarin duduk di gedung dewan. Tiga periode diantaranya, dipercaya oleh Fraksi Partai Golkar, sebagai pimpinan DPRD.

Berangkat dari latar belakang pebisnis di bidang rumpun agraris dan sebagai pejabat legislatif itulah, sekarang ia dan Indrata Nur Bayuaji, mencoba peruntungan untuk macong sebagai calon wakil bupati. “Sebab kalau saya nanti bisa duduk sebagai pejabat eksekutif, tentu harapan untuk membantu masyarakat, akan lebih leluasa,” tandasnya. (yun).