Erita Siburian : Seorang Guru Bukan Hanya Bisa Mengajar, Tapi Juga Harus Memiliki Kemampuan Ini

MEDAN — LIPUTAN68.com Profesi menjadi seorang guru tidaklah mudah. Di satu sisi harus bisa mengajar dengan baik dan di sisi lain guru dituntut untuk terus memperkaya ilmu pengetahuan agar yang disampaikan tidak sekedarnya saja. Oleh karena itu, kemampuan mengajar saja tidaklah cukup.

Menurut Erita Siburian, Sekretaris Yayasan Pendidikan Parulian Medan, yang juga seorang praktisi pendidikan, ada beberapa hal lain yang juga perlu untuk dikuasai agar proses belajar baik itu di kelas atau secara daring bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

Berikut ini adalah kemampuan lain yang perlu dikuasai oleh seorang guru.

1. Mampu Menguasai Diri

Menghadapi murid-murid dengan berbagai karakter yang berbeda juga bukan hal yang mudah.

“Tidak semua orang bisa melakukan hal ini terutama jika orang tersebut memiliki emosi yang labil. Bisa-bisa kelas jadi ambyar dan justru menimbulkan pertengkaran karena hal yang sepele. Inilah mengapa seorang guru perlu mempunyai kemampuan penguasaan diri yang baik,” kata Erita Siburian kepada Liputan68.com, Selasa (27/10/2020).

Liputan JUGA  Li Ying, Cantik, Cerdas & Masih Single, Wanita Terkaya di China yang Profesinya Ternyata Ini

2. Terbuka Akan Perubahan Dalam Hal Metode Pengajaran

Erita menjelaskan, bahwa tidak hanya mengajar, guru juga perlu untuk mempunyai kemampuan dalam belajar dan menyerap ilmu baru. Terutama dalam hal yang bersangkutan dengan metode pengajaran atau cara mengajar.

Seorang guru harus mempunyai kemampuan untuk terus update dan tidak ketinggalan zaman terutama dalam hal menciptakan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan bisa diterima siswa.

3. Kemampuan Menguasai Kelas Dengan Baik

Guru tentunya menjadi seorang yang diharapkan bisa mengendalikan situasi dan kondisi kelas dengan baik sehingga pembelajaran bisa berlangsung secara kondusif.

“Inilah alasan mengapa seorang guru perlu memiliki kemampuan ini. Tidak mungkin seorang guru hanya berharap pada ketua kelas untuk menertibkan suasana yang terkadang jadi tidak terkendali,” ucap Erita

Liputan JUGA  Menuju Langkat Reiligius, Bupati Langkat Perkuat Pendidikan Islam

4. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Seorang guru harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Sejatinya, guru akan menjadi pengantar ilmu pengetahuan yang paling penting dalam proses pembelajaran.

“Jika guru tidak bisa berkomunikasi dengan baik, bagaimana mungkin kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik pula,” ucap Erita.

5. Menerima Kekurangn Diri dan Berusaha untuk Memperbaikinya

Kemampuan yang tidak kalah penting untuk dimiliki seorang guru adalah mau dan mampu melihat kekurangan diri serta tidak segan untuk terus memperbaikinya.

Sebagai manusia, tentunya tidak ada yang sempurna. Tapi, seorang guru adalah sosok yang menjadi teladan bagi para muridnya sehingga sebisa mungkin harus selalu memberi contoh yang baik dalam berbagai sikap, tindakan, dan keputusan yang ambil.

Liputan JUGA  Presiden Jokowi Tunjuk Luhut Binsar Panjaitan Sebagai Pengganti Sementara Menteri KKP. Netizen : Lord Luhut Diatas Segalanya

Guru, seperti juga pekerjaan di bidang lainnya, memiliki tantangan tersendiri yang harus bisa dihadapi dengan sebaik mungkin. Untuk menjadi guru yang baik, kita tidak hanya dituntut untuk bisa mengajar saja.

Erita menambahkan bahwa seorang guru harus memiliki tekad dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik, memiliki visi ke depan, memiliki karakter, budi pekerti, akhlak mulia, mampu mengelola dan mengontrol diri dalam mendidik, mampu melakukan yang terbaik dalam mengembangkan potensi siswanya, dan bekerja keras dengan penuh pengabdian.

“Mendidik anak bangsa menjadi manusia yang sehat badani, pikiran dan rohani,” tutup Erita Siburian.(1-M)

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *