Yudi Sumbogo Akan Pecat ASN Terlibat Penyalahgunaan Narkoba. Aji Dan Gagarin Lebih Memilih Melakukan Rehabilitasi

Pacitan, liputan68.com- Debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, episode pamungkas lebih berkutat pada wawasan kebangsaan dan penanggulangan dampak negatif penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Calon Bupati Pacitan nomor urut dua, Yudi Sumbogo, memberikan pernyataan tegas akan menjatuhkan sanksi dan hukuman berat sampai ke tingkat pemecatan bagi aparatur sipil negara (ASN) yang terindikasi atau terlibat langsung dalam kegiatan penyalahgunaan narkoba. “Kita harus bertindak tegas. Kalau sampai ada ASN yang terindikasi atau terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, harus disanksi tegas sampai ke pemecatan,” kata Yudi Sumbogo, dalam gelaran debat publik episode ketiga di Gedung DPRD Pacitan, Kamis (3/12).

Disisi lain, calon Wakil Bupati, Isyah Anshori menyampaikan kalau saat ini penyalahgunaan narkoba sudah pada fase mengkhawatirkan. Sebab merunut data yang ada, hampir 4 juta lebih penduduk di Indonesia terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Baik sebagai pengedar ataupun sebagai pemakai dari barang haram tersebut. “Khususnya di Pacitan memang masih dalam skala kecil. Namun ini harus menjadi kewaspadaan dini bagi kita semua. Baik pemkab dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada, serta aparat penegak hukum,” sebutnya.

Sementara itu pernyataan berbeda disampaikan calon Wakil Bupati Pacitan nomor urut satu, Gagarin. Ia berpendapat apabila ada ASN yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, harus dicermati terlebih dulu. “Tidak harus sampai pada tahapan pemberhentian. Kita harus cermati, apakah mereka hanya sekedar sebagai pengguna ataukah pengedar.

Liputan JUGA  Ketua Bappilu DPD Golkar Pacitan: 40 Bacalegnya Sudah Kantongi Surat Persyaratan Dari Pengadilan Negeri

Kalau hanya sebagai pemakai, mereka juga bagian dari korban. Langkah rehabilitasi, kami pandang lebih bijak. Kedepan kalau kami terpilih sebagai kepala daerah, akan kita didik ASN yang khusus menangani masalah rehabilitasi tersebut,” ujar Gagarin menanggapi pernyataan Yudi Sumbogo.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *