oleh

Pemkab Dairi Tak ‘Berpangku Tangan’ Soal Kelangkaan Pupuk, Lobi Kuota Terus Dilakukan

SIDIKALANG – LIPUTAN68.COM – Permasalahan keterbatasan pupuk di Kabupaten Dairi mendapat respon dari pemerintah. Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Simanullang menjelaskan permasalahan keterbatasan pupuk subsidi tidak hanya terjadi di Kabupaten Dairi tetapi juga secara nasional. Dari RDKK/kebutuhan pupuk subsidi secara nasional mencapai 22.57 juta ton sampai 26,18 juta ton.

Menurutnya, pemerintah pusat hanya mampu mengalokasikan 8,87 juta ton sampai 9,55 juta ton dengan kata lain, kebutuhan yang dapat dipenuhi hanya mencapai 37-42 persen.

“Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan juga terus melakukan pengawasan melalui penyuluh lapangan agar pupuk bersubsidi sampai ke petani tepat sasaran dan sesuai jadwal.

Pemerintah juga terus mengambil langkah antisipatif dengan menjalin komunikasi ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menambah alokasi pupuk di Kabupaten Dairi,” katanya.

Liputan JUGA  Kapten Inf Narno, Minta Masyarakat Ikuti Anjuran Cegah Covid - 19

Menurut Robot, Bupati Dairi Eddy Berutu telah menginstruksikan kepada Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan untuk mencari solusi bagaimana petani mampu mengakses pupuk non-subsidi untuk menekan biaya produksi dan sekaligus peningkatan produktivitas melalui beberapa skema. Menurutnya Robot hal demikian sudah dilakukan dan sedang berjalan.

  Banner Iklan Sariksa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.