oleh

Bupati Eddy Berutu Paparkan Capaian Pemerintah dari Sektor Pertanian, Perhubungan, Pariwisata, dan Perpustakaan

SIDIKALANG – LIPUTAN68.COM – Dalam momentum peringatan hari jadi Kabupaten Kabupaten Dairi ke-75, Sabtu (1//10/2022) di Kantor DPRD, Bupati Eddy Berutu memaparkan sejumlah prestasi kinerja pemerintah di bawah kepemimpinannya.

Awalnya, Eddy Berutu mengungkapkan, kondisi Pandemi Covid-19 lebih kurang 2 tahun telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian nasional hingga perekonomian daerah. Namun ia mengucapkan syukur pandemi Covid-19 sudah mulai melandai, kemudian perekonomian masyarakat pun sudah perlahan pulih kembali.

“Hari ini saya sangat senang dan bersyukur bisa bertemu dengan bapak ibu dalam paripurna istimewa hari jadi Kabupaten Dairi yang ke-75,” kata Eddy Berutu.

Bupati berharap, melalui momentum hari jadi ini, Kabupaten Dairi bangkit lebih cepat setelah diguncang pandemi Covid-19 dan semakin unggul dengan program-program yang sudah direncanakan.

Liputan JUGA  GTPP Covid-19 Pemkab Pacitan, Sampaikan Dua Penambahan Pasien Covid-19 Confirm Yang Sembuh. Total 185 Pasien Covid-19 Yang saat Ini Terbebas Dari Coronavirus

“Sejalan dengan tema hari jadi Kabupaten Dairi yang ke-75, Pemerintah Kabupaten Dairi bersama dengan seluruh stakeholder dan masyarakat harus optimis dan bangkit lebih cepat dalam membangun perekonomian masyarakat,” kata Eddy Berutu.

Hal ini, kata Bupati Eddy Berutu, pemerintah bekerja keras dari berbagai sektor termasuk pertanian. Pemerintah Dairi saat ini fokus untuk memberikan bantuan permodalan kepada masyarakat yaitu melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kluster kopi dan jagung.

“Sampai dengan bulan Oktober ini untuk KUR Kluster kopi sudah tersalur kepada 21 orang petani pada 3 Kecamatan yakni di Kecamatan Sidikalang, Kecamatan Pegagan Hilir, dan Kecamatan Sumbul dengan total luas lahan 15,5 Ha dan total nilai KUR sebanyak Rp.434.000.000,-. Sedangkan untuk KUR Kluster jagung sudah tersalur kepada 36 orang petani dengan total luas lahan 34 Ha dan total nilai KUR sebanyak Rp.510.000.000,” jelas Bupati.

Liputan JUGA  Awalnya Menolak Karena Indonesia Undang Rusia, PM Australia Kini Pastikan Akan Hadiri KTT G20

Lalu, penyaluran alat dan mesin pertanian. Sejak Oktober 2021 sampai dengan saat ini, Pemerintah Kabupaten Dairi telah menyalurkan alat dan mesin pertanian kepada masyarakat, traktor roda 2 sebanyak 16 unit, cultivator sebanyak 20 unit, handsprayer elektrik sebanyak 15 unit, Corn planter dorong sebanyak 65 unit, alat pelobang tanam kopi sebanyak 15 unit, corn sheller sebanyak 4 unit, traktor roda 4 sebanyak 3 unit, combine harvester besar (CHB) 1 unit, Rice Miling Unit (RMU) sebanyak 2 unit.

Lalu, dalam memperlancar mobilitas alat mesin pertanian, pemerintah Dairi juga membangun jalan pertanian. Sejak Oktober 2021 lalu, sampai dengan saat ini sebanyak 23 paket dengan total anggaran sekitar Rp 3,9 miliar telah dikerjakan.

Liputan JUGA  Golkar Lampung Menghangat, AMPI Mantap Dukung Arinal Djunaidi Jelang Musda

Selain itu kata Bupati, Pemkab Dairi tengah fokus untuk pengembangan kawasan pertanian terpadu. Program ini adalah bertujuan untuk mewujudkan misi pertama Pemerintah Kabupaten Dairi yaitu meningkatkan kualitas hidup petani dan kesejahteraan masyarakat dengan sistem pengelolaan pertanian dan industri pertanian yang cerdas, modern.

  Banner Iklan Sariksa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *