Bupati Eddy Berutu: Visi Dairi Unggul Mulai Menunjukkan Keberhasilan dari Beberapa Indikator Pembangunan

SIDIKALANG – LIPUTAN68.COM – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan visi Dairi Unggul yang dicanangkan ketika mulai menjabat bupati April 2019 mulai menunjukkan peningkatan yang bagus. Hal ini terlihat dari capaian beberapa indikator yang menunjukkan trend positif dalam pembangunan di Dairi.

“Pandemi Covid-19 selama lebih 2 tahun telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian nasional bahkan global yang juga berimplikasi pada perkonomian daerah. Namun kita patut bersyukur di Tahun 2022 ini pandemi Covid sudah mulai mereda dan hal ini tentu telah memberikan dampak positif dalam sektor perekonomian masyarakat,” ujar Eddy Berutu.

Bupati  menyampaikan peningkatan beberapa indikator kinerja makro, seperti indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2021 sebesar 71,84 yang tumbuh sebesar 0,27 poin dari tahun 2020 yaitu sebesar 71,57.

“Ini menggambarkan bagaimana masyarakat dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendidikan, kesehatan dan pendapatan. IPM dibentuk oleh 3 dimensi dasar, yaitu Angka Harapan Hidup (AHH), Angka Rata-rata Lama Sekolah (ARLS), dan pendapatan perkapita,” katanya.

Liputan JUGA  Jabiat Sagala Berikan Klarifikasi Tak Terima Namanya Dicatut

Selain itu, Bupati Eddy juga mengatakan untuk tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Dairi juga mengalami penurunan dimana tahun 2021 sebesar 1,49% atau turun 0,26 dibandingkan tahun 2020 sebesar 1,75%.

Sementara untuk pertumbuhan ekonomi Kabupaten Dairi tahun 2021 meningkat menjadi 2,05. Padahal tahun 2020 secara global anjlok dan di Kabupaten Dairi -0,94%. “Peningkatan pertumbuhan ekonomi ini sebagai dampak mulai meredanya Covid-19 dan juga pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat yang menyebakan respon positif pasar pada semua sektor di Kabupaten Dairi,” ucap Bupati.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *