Pemusnahan Arsip Retensi Dibawah 10 Tahun, Bupati : Arsip Harus Dikelola Dengan Benar

PAKPAK BHARAT – LIPUTAN68.COM – Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengatakan bahwa semua arsip yang dimiliki oleh Daerah harus dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan seluas-luasnya.Hal ini dia sampaikan saat menghadiri acara Pemusnahan Arsip retensi diBawah 10 Tahun yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakan dan Kearsipan Pakpak Bharat hari ini (20/11/2022) di Bale Sada Arih, Kantor Bupati Pakpak Bharat.

Arsip harus dikelola dengan prosedur yang benar agar arsip dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kepentingan publik dan kemaslahatan bangsa, ungkap bupati di Salak.

Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan tidak lepas dari penciptaan arsip. Arsip sebagai rekaman informasi kegiatan mempunyai manfaat sebagai bahan pengambilan kebijakan, bukti akuntabilitas kinerja, memori dan identitas serta bahan pertanggungjawaban. Volume arsip tentu akan selalu bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan kegiatan yang dilaksanakan dan membawa konsekuensi logis terkait dengan penyediaan ruang simpan, sarana kearsipan, tenaga pengelola, waktu dan biaya, serta layanan arsip itu sendir, ucap bupati kemudian.

Bupati juga menguraikan upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam upaya memelihara dan mengelola Arsip yang ada dan tersimpan sebagai rekam jejak Kabupaten ini sejak awal berdirinya Kabupaten Pakpak Bharat pada tahun 2003 silam.

Liputan JUGA  Penjabat Sekretaris Daerah Pakpak Bharat Pimpin Rakor Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak

Perlu saya informasikan kepada kita semua, bahwa sejak Kabupaten ini dimekarkan pada tahun 2003, baru kali inilah untuk pertama kalinya Pemusnahan Arsip Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dilaksanakan, dimana terdapat sebanyak 5.596 Arsip yang sudah diseleksi dan disetujui musnah. Sejak tahun 2021, kami juga sudah menerbitkan 3 peraturan Bupati yang merupakan regulasi strategis untuk mendukung pengelolaan kearsipan kedepan. Bahkan untuk pertama kalinya juga, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat sudah mengumpulkan seluruh Arsip statis dan dinamis dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah serta melakukan penyusunan jadwal retensi arsip. Tentu ini merupakan langkah maju bagi Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, ungkap bupati kemudian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *