Mahasiswa USU Ciptakan Komik ‘Ayo Bela Teman Kita’, Cegah Kekerasan Seksual di Kampus

MEDAN – LIPUTAN68.COM – Mahasiswa dari Program Studi Antropologi Sosial, Universitas Sumatera Utara (USU), telah menciptakan sebuah komik yang bertujuan untuk mencegah kekerasan seksual di kalangan mahasiswa perguruan tinggi. Komik ini, yang diberi judul “Ayo Bela Teman Kita,” berisi panduan tentang tindakan yang dapat diambil oleh mahasiswa untuk melindungi diri mereka dan teman-teman mereka dari ancaman kekerasan seksual di lingkungan kampus.

David Dodi Lumbantobing, seorang mahasiswa di Prodi Antropologi Sosial dan Ketua Tim pembuatan komik, Sabtu (23/9/2023) menjelaskan bahwa proyek ini mendapatkan pendanaan melalui Program Kreativitas Mahasiswa yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim mereka berhasil melewati kompetisi dan seleksi yang ketat untuk mendapatkan dukungan ini.

Liputan JUGA  Puluhan Siswa PAUD Dan Orang Tua Peringati Hari Laut Sedunia Dengan Tanam Pandan

Menurut Paula Sigiro, anggota tim, USU memiliki seleksi dan kompetisi internal, dan hanya sedikit proposal mahasiswa yang diterima untuk didanai di tingkat nasional. Tim mereka adalah salah satu dari kurang dari 100 proposal yang berhasil mendapatkan dukungan khusus untuk USU.

Tim ini, yang juga terdiri dari Novi Nazara dan Cecilia Sitanggang, merancang komik mereka berdasarkan hasil wawancara dengan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan Satuan Tugas Penanggulangan Kekerasan Seksual di dua perguruan tinggi di Sumatera Utara. Data-data yang dikumpulkan dari wawancara ini digunakan sebagai dasar untuk konten komik mereka.

Cecilia Sitanggang menjelaskan bahwa komik ini ditujukan untuk mahasiswa perguruan tinggi dan dirancang dengan bahasa yang menarik dan gaya yang relevan bagi kalangan mahasiswa. Mereka juga menggunakan figur mahasiswa, termasuk diri mereka sendiri, dalam komik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *