Pemprov Sumut Diminta Jaga Stabilitas Harga Sembako Jelang Nataru

MEDAN — LIPUTAN68.COM — Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjaga stabilitas harga barang-barang sembako, menjelang hari besar keagamaan nasional yaitu natal dan tahun baru (Nataru) 2024.

Menurut politisi senior PDI Perjuangan, saat ini terjadi kenaikan harga pada beras dan cabai merah di pasar tradisional.

Karenanya ia minta Pemprovsu harus menjaga kestabilan harga sembako dan menekan laju inflasi di Sumatera Utara.

“Adanya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Satgas Pangan dan Bulog harus dimaksimalkann dalam menstabilkan harga beras dan mencari penyebab terjadinya kenaikan. Kita harus tindak para spekulan dan menjaga rantai pasok,” katanya kepada wartawan, Jumat (8/12/2023).

Liputan JUGA  Jalan Provinsi Kopak-Kapik Di Kepulauan Nias, Baskami Ginting dan Penyabar Nakhe Komitmen Perjuangkan Anggaran

Baskami mengatakan, inflasi tahunan Sumut sebesar 3,20% (YoY) pada November 2023, sedangkan untuk bulanan 0,45% (MtM) terhadap Oktober.

“Kestabilan harga-harga bahan pokok ini, memudahkan masyarakat, terutama rakyat kecil dalam merayakan natal dan tahun baru. Ini harus menjadi perhatian kita bersama,” tambahnya.

Baskami menuturkan, naiknya harga beberapa komoditas juga disinyalir disebabkan tingginya permintaan dan menurunnya pasokan dari daerah-daerah sentra pertanian.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *