oleh

Susunan Kabinet Amangkurat

Oleh: Dr Purwadi M.Hum

(Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara LOKANTARA. Hp 087864404347)

 

1. Perdana Menteri Kerajaan Mataram.

Dijabat oleh Patih Mandaraka IV. Penunjukan Perdana Menteri dilakukan oleh Amangkurat dengan persetujuan dewan Kraton Mataram. Patih Mandaraka IV bertugas untuk memimpin roda pemerintahan Mataram. Patih menjalankan roda eksekutif. Mataram menganut sistem trias politika, yaitu eksekutif, yudikatif dan legislatif.

 

2. Menteri Sekretaris Negara.

Dijabat oleh KPH Puruboyo selaku pangageng Sasana Wilapa Karaton Mataram. KPH Puruboyo ditugaskan oleh Amangkurat untuk membawahi abdi dalem carik. Bertugas untuk mencatat segala dokumen negara. Administrasi Mataram berjalan tertib.

 

3. Menteri Pertahanan.

Dijabat oleh Senapati Ronggo Kajiwan. Mengkoordinir kesatuan prajurit doropati, jayeng astra, prawira anon, panyutra, tanantaka, jagasura, jayasura, sarageni. Mereka bertugas secara bergilir. Amangkurat memberi gaji yang layak. Pertahanan dan keamanan negara menyangkut soal kedaulatan.

Liputan JUGA  Bersinggungan Dengan Sampah Dan Limbah Infeksius, Dinas Lingkungan Hidup Pacitan Belum Tersentuh Vaksin

 

4. Menteri Keuangan.

Dijabat oleh RM Syarif Mustopa Loring Pasar, selaku pangageng sana hartaka. Gaji pegawai Mataram dan anggaran belanja negara Mataram diurus serius. Pemasukan dan pengeluaran uang jaman Amangkurat dicatat dengan rinci dan tanggung jawab.

 

5. Menteri Peranan Wanita.

Dijabat oleh GKR Zienab Winongan, selalu pangageng keputren. Pemberdayaan perempuan Mataram melalui kursus ketrampilan masak, menjahit dan menyulam batik. Amangkurat sadar kesetaraan gender.

 

6. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dijabat oleh RM Wuryah Martapura, selaku pangageng mandra wiyata. Peguron, pesantren, pertapan, sanggar dan semua lembaga pendidikan diperhatikan oleh Amangkurat. Nasib guru di Kerajaan Mataram mendapat subsidi yang cukup.

Liputan JUGA  Mesjid Demak Inspirasi Kebijakan Amangkurat

 

7. Menteri Kehutanan.

Dijabat oleh Tumenggung Arya Mataun. Berkantor di daerah Cepu Blora. Dibantu oleh trah Adipati Pragola Bupati Pati. Atas kebijakan Amangkurat, hutan Mataram menghasilkan devisa yang berlimpah ruah. Mataram memang gemah ripah loh jinawi.

 

8. Menteri Sosial.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.