oleh

Dirjen Pertanian Ali Jamil Apresiasi Komitmen Bupati Eddy Berutu Mengembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

PARBULUAN – LIPUTAN68.COM – Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian sekaligus Plt Dirjen Perkebunan Kementan RI, Ali Jamil melakukan melakukan Gerakan Tanam Kopi (Gertak) di Desa Parbuluan IV, Dairi Kamis (31/3/2022). Kunjungan Dirjen disambut Sekda Budianta Pinem dan Kadis Pertanian Robot Simanullang.

Pada acara tersebut, Dirjen menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya untuk mendukung Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (GRATIEKS) dan Mengembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Bupati Dairi Eddy Berutu komitmen dan konsistensi Pemkab Dairi untuk memajukan pertanian di kabupaten ini,” ujarnya.

Ali Jamil menyampaikan, Sumut memiliki 3 (Tiga) pusat karantina yang mestinya pada situasi ini bisa dimanfaatkan. Ia menyampaikan pihaknya hanya bisa berusaha menchallenge dan memberi semangat ke setiap pihak terkait dalam pengembangan pertanian dan pertanian sesuai dengan tupoksinya.

Liputan JUGA  Peduli Covid-19, IIPG Bersama DPD Golkar Lampung Bagi 100 Wastafel Portable dan 15 Ribu Masker

Selama berada di Kabupaten Dairi, Ali mengaku sudah melihat beberapa lokasi dipandu PT Wahana.

“Dairi harusnya tidak hanya menjual kopi. Negara Indonesia adalah penghasil kopi terbesar ke 4 di dunia, namun bila bicara produktifitas posisi Indonesia masih rendah yakni dibawah 1 ton/hektar pertahun padahal di luar bisa sampai 3 ton/ha/tahun. Jangan hanya tanam kopi. Budidayakan juga tanaman lain. Dairi kan termasuk daerah dengan tanah paling subur di Sumut,” ujarnya.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian ini menyebut Kementerian Pertanian RI memilih Kabupaten Dairi menjadi tempat pelaksanaan Pogram Gerakan Tanam kopi (Gertak) karena Pemerintah Kabupaten Dairi dianggap serius dan berhasil melakukan program pengembangan kopi termasuk dengan menjalin pola kemitraan dengan offtaker dan perbankan.

Liputan JUGA  Bupati Eddy Berutu Dukung Kontes Modifikasi Motor: Eventnya Kreatif, Adu Kemampuan dan Disenangi Anak Muda, Mantap!

“Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian menyambut baik dan mendukung program yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinan Bupati Eddy Berutu,” tambah Ali.

  Banner Iklan Sariksa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.