oleh

Arus Mudik Mulai Padat, Inilah Cara Mengatasi Kantuk dalam Perjalanan Mudik

Liputan68.com |Keputusan pemerintah prihal mengizinkan masyarakat Indonesia untuk  mudik menjadi kabar bahagia di Ramadan tahun ini. Keputusan ini diambil seiring dengan membaiknya tingkat vaksin COVID-19 di Indonesia.

Sudah lama tidak melakukan perjalanan jauh tentu sangat diperlukan persiapan fisik, terutama selama perjalanan jika saat mengantuk. Hal ini dapat membahayakan jika saat mengemudi mengantuk bahkan dapat berakibat fatal.

Salah satu studi jurnal Ergonomics menjelaskan bahwa rasa kantuk saat mengemudi salah satunya distimulasi karena getaran halus ketika mobil sedang melaju, terlebih jika waktu mengemudi lebih dari 30 menit.

Arus mudik mulai melonjak di pekan terakhir sebelum Lebaran dengan potret antrian di sejumlah jalan. Kondisi ini berpotensi meningkatkan rasa jenuh dan kantuk terutama karena masih menjalani ibadah puasa. Untuk mengatasi rasa jenuh dan kantuk selama perjalanan mudik, berikut adalah tips yang bisa anda lakukan agar mudik tetap aman dan nyaman.

  1. Sebelum mengemudi tidurlah yang cukup
Liputan JUGA  Indrata Nur Bayuaji: Memilih Paslon Nomor Urut Satu, Cukup Mengingat SBY dan Indartato

Kurangnya waktu tidur akan berdampak pada aktivitas sehari-hari Anda, termasuk berkendara. Menurut riset AAA Foundation for Traffic Safety, kurangnya tidur saat mengemudikan mobil dapat memunculkan risiko yang sama saat mengemudi dalam keadaan mabuk. Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup sebelum mengemudi, terutama jika ingin menempuh perjalanan jarak yang jauh.

  1. Mendengarkan musik up-beat

Mendengarkan musik dengan irama dan ketukan yang kencang sering kali membuat suasana menjadi lebih semangat dan bahkan menjadikan kita lebih ceria. Jenis musik ini dapat membantu anda mencegah rasa kantuk saat berkendara. Apalagi tahu liriknya, jadi bisa ikut menyanyikan seprti berkaroke selama perjalanan. Jadi, jangan lupa siapkan playlist Spotify atau Apple Music-mu saat hendak mudik. Playlist “Road Trip Songs” dari Spotify atau “Family Road Trip” dari Apple Music juga dapat jadi pilihan menemanimu berkendara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.