oleh

Abiansemal Jadi Pilot Project Budidaya Porang di Badung

Mangupura, lLIPUTAN68.com – Perkembangan usaha budidaya tanaman porang di Bali sangat menjanjikan. Sebagai bukti hampir sebagian besar kabupaten/kota di Pulau Dewata sudah tersentuh oleh pengembangan budidaya tanaman porang.

Seperti Sabtu (21/11/2020) ini dilakukan penanaman tanaman porang di Abiansemal, Kabupaten Badung. Penanaman tanaman porang di atas lahan seluas 49 are itu sebagai pilot projeck.

Pada kegiatan penanaman tanaman porang di Abiansemal itu dihadiri Muhajir instruktur budidaya porang dari pabrik PT Asia Prima Konjak, Direktur PT Porang Bali Dewata Made Teja, S.Sos.

Setelah kegiatan penanaman tanaman porang di Abiansemal, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan Kelompok Tani Tunas Makmur Desa Baturiti, Kecamatan Baturita, Kabupaten Tabanan.

Liputan JUGA  #2 PT PORANG BALI DEWATA PENGGERAK BUDIDAYA TANAMAN PORANG DI BALI

Kelompok Tani Tunas Makmur itu beranggotakan 26 dan diketuai Wayan Sukerta. Pada saat dilakukan pembinaan, Perbekel Desa Baturiti Ketut Madra, SH, juga hadiri.

Perbekel Ketut Madra dalam sambutannya antara lain menyatakan bahwa pada prinsip sambutan hangat buat PT Porang Bali Dewata bersamaan PT Asia Prima Konjak, pihak pabrik Jatim. “Kita sambutan baik kegiatan ini dan kita dukung sepenuhnya agar petani porang di Baturiti bisa berhasil meningkatkan kesejahteraannya,” papar Perbekel Madra.

Dukungan luar biasa dari PPL Kecamatan Baturiti. Diakuinya bahwa belum tahu teknis tentang budidaya porang PT Dewata Anugrah Indah. Hadir pula Lab Hayati tentang pengadaaan pupuk secara khusus untuk pembuatan umbi yang bagus dan berkuwalitas .

Liputan JUGA  WAGUB COK ACE: "SAYA AJAK MASYARAKAT BALI TUMBUHKAN KECINTAAN TERHADAP PRODUK LOKAL"

Sementara Muhajir, intruktur budidaya porang dari pabrik PT Asia Prima Konjak menyatakan dirinya membina petani dengan senang hati dengan sistem budidaya porang tanam tumpangsari. “Agar petani porang mendapakan hasil yang bagus sudah dibandingkan dengan daerah lain pihak pabrik akan melindungi petani,” papar Muhajir.

Pada kesempatan itu Ketua Koprasi Pruduksi Nelayan Tani Sejahtera Nusantara, Komang Suardita memaparkan beberapa kegiatan sesuai dengan visi dan misi subur dan makmur bagi petani nelayan nusantara. “Berkaitan bibit porang sudah bersinergi dengan PT Porang Bali Dewata. Kita sudah bersinergi, koprasi ada akan bekerja mendukung hal permodalan baik melalui perbangkan atau bantuan lainya,” paparnya.

Pembicara pamungkas Direktur PT Porang Bali Dewata, Made Teja, S.Sos, menjelaskan dengan tatacara budi daya porang yang efektif dan efesien serta kerja sama yang baik akan saling menguntungkan dengan pola kemitraan. “Porang sudah trend diviralkan tetapi yang nyata membina petani secara gratis salah satunya adalah PT Porang Bali Dewata,” pungas Teja yang juga mantan anggota DPRD Buleleng itu. frs/jmg/*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.