Pengembangan Bisnis Data Center TelkomGroup Diapresiasi DPR RI

JAKARTA — LIPUTAN68.COM — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus mengembangkan dan memperkuat kapabilitas platform digital melalui pembangunan serta penataan bisnis data center yang dimiliki TelkomGroup.

Ini merupakan langkah menjawab tantangan tren digitalisasi dan potensi industri yang terus berkembang, serta sejalan dengan arahan Menteri BUMN RI, Erick Thohir, agar fokus ke arah bisnis digital.

Pada pekan lalu (10/2/2022), TelkomGroup menerima kunjungan kerja spesifik Komisi VI DPR RI ke fasilitas data center di tiga lokasi yakni Serpong, Sentul, dan Cikarang. Kunker tersebut bermaksud untuk melihat sejauh mana progres pembangunan dan kondisi terkini fasilitas data center yang dimiliki TelkomGroup.

Delegasi wakil rakyat disambut langsung Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dan jajaran direksi. Turut hadir pimpinan anak perusahaan Telkom antara lain Direktur Utama Telkomsigma, Bhimo Aryanto dan Direktur Utama Sigma, Tata Sadaya Andreuw.

Liputan JUGA  Terbukti Ampuh Strategi Jokowi Larang Ekspor CPO, Ramai-ramai Diskon Harga Minyak Goreng Kemasan Oleh Ritel Modern

Kesempatan itu, Ririek Adriansyah mengungkapkan, saat ini progres pembangunan Hyperscale Data Center Cikarang fase 1 telah selesai dilakukan.

“Total kami memiliki 27 data center yang saling terhubung, termasuk yang berskala besar, Hyperscale Data Center di Cikarang ini,” terangnya.

Pengembangan data center ini, menurutnya, merupakan salah satu wujud keseriusan Telkom untuk menjadi pemain besar pada bisnis digital platform, yang juga sejalan dengan langkah transformasi dan visi Telkom menjadi digital telco.

“Permintaan pasar data center di Indonesia tumbuh sangat pesat sehingga menjadi peluang besar bagi Telkom untuk menjadi pemain dominan di market. Data center akan sangat bermanfaat pada perkembangan teknologi 5G nantinya,” ujarnya.

Liputan JUGA  Inspiratif, Kisah UMK Mitra Binaan Telkom Lampung Kian Berkembang Berkat Digitalisasi

Selain infrastruktur, Ririek menjelaskan bahwa Telkom juga menawarkan konsep lengkap dalam bisnis data center. Telkom memiliki tiga aspek penting dalam bisnis data center, yakni seamless, connectivity, dan eyeball. Seamless ini karena terhubung dengan seluruh data center milik TelkomGroup termasuk juga ke edge data center. Lalu connectivity karena Hyperscale Data Center terhubung dengan infrastruktur backbone broadband TelkomGroup. Terakhir, akses kepada pelanggan TelkomGroup (eyeball) yang merupakan pengguna bisnis digital.

Mohamad Hekal selaku pimpinan Komisi VI DPR, mengapresiasi perkembangan data center milik TelkomGroup, terutama terkait progres pembangunan Hyperscale Data Center yang berlokasi di Cikarang.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *