oleh

Miris! Gedung Poskesdes Tidak Berfungsi,  Kapus Pantai Cermin  dr. Rahmad : Petugas Ada di Kantor Desa,

SERDANG BEDAGAI – LIPUTAN68.COM – Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) merupakan Program Aktualisasi Masyarakat pada bidang Kesehatan dan juga salah satu Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UBKM) yang dibentuk dalam rangka mendekatkan atau menyediakan pelayanan Kesehatan untuk masyarakat.

Akan tetapi salah satu Poskesdes di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tepatnya di Kecamatan Pantai Cermin Desa Pantai Cermin Kiri yang terletak di Dusun II, Bangunan Poskesdes tersebut tidak terurus dan jorok seperti ditumbuhi oleh rerumputan seperti rumah Dedemit.

Seharusnya Gedung yang dibangun oleh Pemerintah Daerah setempat digunakan untuk sebagai mana fungsinya yaitu Gedung tempat untuk melayani tentang Kesehatan pada masyarakat Desa Pantai Cermin Kiri tersebut.

Dan dibangunnya Gedung Poskesdes itu sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar setiap hari bagi masyarakat di Desa Pantai Cermin Kiri dan juga sebagai sarana Kesehatan untik.masyarakat yang di dukung oleh Pemerintah.

Liputan JUGA  Bawa Sertifikat Vaksin Saat Belanja Di Pacitan,Dapat Discount Dan Bingkisan

Sementara para petugas kesehatan dari Puskesmas di Pantai Cermin tidak pernah ada di Poskesdes tersebut, seharusnya Kepala Puskesmas Pantai Cermin menugaskan petugas Kesehatan di Poskesdes tersebut.

Tugas pelayanan kesehatan di Poskesdes dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (minimum seorang bidan) dan dibantu oleh sekurang-kurangnya dua orang kader kesehatan yang telah mendapatkan pelatihan.

Keputusan Menteri Kesehatan :
No. 374/Menkes/SK/V/2009.
Tentang Sistem Kesehatan Nasional Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UBKM) yang dibentuk di Desa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat Desa.

Juga pada Permenkes 75 tahun 2014 pada Pasal 4 menyatakan ;
Bahwa Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya Kecamatan sehat.

Liputan JUGA  Kabupaten Pacitan Berpotensi Masuk Zonasi Merah Sebaran Covid-19

Pantauan awak media bahwa Poskesdes di Kecamatan Pantai Cermin Desa Pantai Cermin Kiri bahwa Gedung Poskesdes tersebut diduga tidak digunakan oleh para petugas kesehatan Puskesmas Pantai Cermin.

  Banner Iklan Sariksa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.