Pelopor Perdamaian Karaton Surakarta

Liputan KOLOM191 views

Oleh Dr Purwadi M.Hum, ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara, LOKANTARA, Hp 0878 6440 4347

Peristiwa sejarah terjadi pada tanggal 3 Januari 2023. KRAY Herniatie Sriana Munasari berhasil membuat suasana guyub rukun di Karaton Surakarta Hadiningrat. Harapan yang dipelopori oleh trah Paku Buwana IX itu membuat bahagia semua orang. Bentuk usaha pelestarian budaya warisan leluhur.

Langkah mulia KRAY Herniatie Sriana Munasari wayah RP Soeroso, Gubernur Jawa Tengah pertama amat penting. Usaha perdamaian ini dapat dianalisis secara historis. Kita mulai dari masa peralihan kepemimpinan Sinuwun Paku Buwana ll ke Paku Buwana lll. Perbedaan dalam istana diselesaikan dengan penuh kebijaksanaan.

Perdamaian Karaton Surakarta Hadiningrat berlangsung sejak tahun 1749. Sinuwun Paku Buwana lll merupakan teladan bapak perdamaian Mataram. Berkat kegigihannya ini Paku Buwana lll mendapat gelar kehormatan Sinuwun Suwarga.

Liputan JUGA  Ir H Soekirman Dan Juru Among Tani Desa

Putra Sinuwun Kombul ini memupuk ibu yang bernama Kanjeng Ratu Mas Lamongan. Sinuwun Paku Buwana lll lahir tahun 1732. Sejak remaja aktif dalam pagelaran tonil, sandiwara dan wayang orang. Nama kecil PB lll yaitu GRM Suryadi, kerap menjadi sutradara dan penulis naskah.

Bersama dengan abdi dalem mandra budaya, PB lll mengadakan pentas di wilayah Solo Raya, Pesisir Lor, Banyumas, Surabaya. Masing masing wilayah memiliki pengurus cabang. Maka GRM Suryadi ketika dinobatkan menjadi PB lll mempunyai wawasan kebudayaan. Pendekatan multikultural diterapkan dalam mrnejemen pemerintahan kraton.

Wawasan kebudayaan itulah yang digunakan dasar pemikiran perjanjian giyanti tgl 13 Pebruari 1755 yang membagi Surakarta dan Yogyakarta. Kedua kerajaan tetap basuki lestari hingga kini.

Liputan JUGA  Sejarah Mesjid Demak Sebagai Pusaka Tanah Jawa

Sukses perdamaian giyanti dilanjutkan dengan perjanjian Salatiga tgl 1757. Raden Mas Said diberi kalenggahan sebagai Adipati Mardeka di Pura Mangkunegaran. PB lll telah mewariskan perdamaian abadi di tanah Jawa. Jawa iku jiwa kang kajawi.

Dalam bentuk perdamaian modern KRAY Herniatie Sriana Munasari memberi inspirasi. Wajar sekali bila mendapat apresiasi dari masyarakat luas. Dunia pun merasakan kesejukan, akibat sentuhan tangan yang tulus. KRAY Herniatie Sriana Munasari menjadi contoh sebagaimana Sinuwun Paku Buwana lll membangun perdamaian untuk trah Mataram.

Keteladanan KRAY Herniatie Sriana Munasari pantas diberi penghargaan tinggi. GKR Wandansari bisa duduk berdampingan secara damai. Adik kakak merasakan suasana haru. Telah sepakat untuk melupakan masa silam yang buram. Kedua belah pihak bertekad untuk memajukan Karaton Surakarta agar makin arum kuncara ngejayeng jagat raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *