Waspada Penyakit Kronis Terus Mengintai. Bagaimana Tips Jitu Menjaga Stamina Tetap Fit Meski Usia Menjelang Senja? Simak Ulasan Watua IDI Pacitan, dr Johan Tri Putranto

Pacitan,Liputan 68.com- Ikatan Dokter Indoensia (IDI) Cabang Pacitan, beberkan tips jitu menjaga stamina agar tetap fit, sekalipun usia tak lagi muda.

Wakil Ketua IDI setempat, Johan Tri Putranto dalam siaran persnya mengatakan, memasuki usia 40 tahun, stamina dan kebugaran cenderung menurun.

Lantas bagaimana cara menjaga stamina agar tetap fit di usia empat puluh tahun? Simak tipsnya berikut ini.

Seiring bertambahnya usia, setiap orang pasti ingin tetap bugar dan punya stamina kuat. Terlebih di usia 40 tahun, cukup banyak yang mulai terkena penyakit kronis.

Seperti diabetes, hipertensi, dan sebagainya. “Kebanyakan orang tidak menyadari mereka telah menderita suatu penyakit kronis. Akhirnya, perlahan stamina tubuh akan menurun karena penyakit tersebut,” ujar Johan, Rabu (10/7).

Liputan JUGA  Tercatat 3.209 Janda Baru Selama Pandemi Covid-19 di Bandung dan Cimahi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap bugar di usia yang tak lagi muda. Diantaranya sebagai berikut:

1. Perhatikan asupan makanan.

Peran nutrisi terhadap kesehatan fisik dan mental sering dipandang sebelah mata.

Masih banyak orang di usia empat puluh tahun yang kurang memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Padahal, makanan berperan penting agar tetap bugar di usia itu.

Hindari makanan dengan kandungan gula tinggi. Gula memang dapat dengan cepat diserap tubuh, serta meningkatkan mood dan stamina. Namun, hal tersebut hanya untuk jangka waktu yang sebentar. Apabila kadar gula mulai hilang, mood dan stamina juga dapat menurun.

2. Cukupi kebutuhan cairan.

Liputan JUGA  Satu ASN Pacitan Dilingkup Pendidikan, Dikabarkan Positif Covid-19. GTPP Belum Sampaikan Rilis

Selain makanan, menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh juga sama pentingnya.

Ini karena tubuh juga membutuhkan elektrolit agar dapat berfungsi dengan baik, apalagi di usia 40 tahun. Setelah seharian beraktivitas, pastinya tubuh kehilangan banyak cairan. Agar tubuh terhidrasi dengan baik, cukupi asupan cairan, minimal delapan gelas per hari.

3. Istirahat cukup.

Kualitas tidur yang baik juga jadi salah satu cara menjaga stamina. Menurut informasi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine tahun 2015, orang dewasa harus memenuhi kebutuhan tidur minimal tujuh jam setiap malamnya untuk kesehatan yang optimal.

Apabila kurang dari tujuh jam, dapat menyebabkan peningkatan berat badan, diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan stroke, depresi, serta meningkatkan risiko kematian.

Liputan JUGA  Hore... THR ASN Di Pacitan Segera Cair. Hari Ini Pembahasan Dan Penyusunan Perkada

Selain itu, kekurangan jam tidur dari yang dianjurkan juga dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat performa tidak maksimal dalam beraktivitas.

4. Menjaga berat badan.

  Banner Iklan Sariksa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *